• Kontak Kami
  • Hotline : 085355166818
  • SMS : 081277687155
  • BBM : D11ED9AF

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Tips Merawat Busana Muslim Anda

Tips Merawat Busana Muslim Anda

Diposting pada 27 November 2014 oleh Busana Muslim Bukittinggi

Setiap orang pasti memiliki fashion-nya masing-masing, termasuk dalam pemilihan kain, model baju, model celana atau rok serta model lainnya. Fashion adalah hal pertama yang membut seseorang lebih menarik dan percaya diri. Namun, selain memperhatikan faktor apa saja yang membuat sebuah fashion menjadi lebih apik. Anda juga perlu untuk mengetahui beberapa cara perawatan yang benar. Hal tersebut dikarenakan dalam pembuatan sebuah pakaian memiliki jenis kain yang berbeda-beda. Mulai dari kain katun, spandex, satin, sutra, wol serta bahan kain lainnya. Anda juga perlu untuk memperhatikan fungsi dari jenis masing-msing pakaian, seperti pakaian renang untuk berenang, baju resmi untuk bekerja, bahan katun biasanya untuk bersantai dan lain sebagainya. Bahkan, pakaian dengan noda tertentu memiliki cara yang berbeda dalam membersihkannya. Ada yang caranya harus mengenakan air dingin, ada pula yang tidak boleh terkena air panas.

Banyaknya jenis bahan fashion semakin membuat seseorang lebih bisa mengenakan busana dengan pilihan yang beragam untuk membuat anda semakin mempesona. Tampilan yang indah tak jauh dari perawatan serta penanganan pakaian yang tepat agar pakaian lebih awet. Untuk itu, anda perlu memperhatikan beberapa tips perawatan pakaian menurut jenis kain berikut ini:

Merawat busana yang berbahan kain wol

Bisa dibilang, dalam perawatan jenis kain ini susah-susah gampang. Tetapi, jika anda salah dalam mencuci kain wol, maka bisa membuat warnanya pudar dan seratnya akan keluar. Sedikit saja noda yang menempel dalam busana wol, sulit dalam membersihkannya. Berikut adalah cara yang tepat:

Menggunakan deterjen khusus kain wol adalah cara terbaik untuk mencucinya,
Letakkan busana dalam tempat yang mendatar saat menjemurnya,
Dalam menyetrika jenis kain ini, gunakan kain lembab yang ditaruh di bagian bawah. Hal tersebut menghindari kain wol agar tidak berwarna mengkilap,
Lipatlah pakaian wol ini dan simpan dalam lemari anda.

Bahan wol cocok digunakan untuk daerah dingin seperti Negara dengan empat musim. Busana wol biasanya dibuat dalam bentuk mantel atau baju hangat. Dengan menggunakan pakaian bahan ini, anda akan merasa nyaman serta hangat. Sifat dasar dari wol adalah elastis, hangat karena menyerapa lembab dan tahan terhadap api serta tidak tembus air. Maka, tak heran jika wol lebih awet serta tahan lama.

Merawat busana yang berbahan sutera

Sutera adalah kain yang berasal dari ulat sutera. Maka tak heran bila kain yang satu ini masuk kategori mahal. Namun, jika anda memakai kain sutera akan terlihat anggun dan mewah. Selain itu, kain ini bertekstur lembut. Anda perlu memperhatikan cara perawatan kain sutera berikut ini:

Gunakan deterjen khusus agar bahan kain lebih terjaga,
Pilih menu delicate yang ada pada mesin cuci anda,
Anda bisa menambahkan pelembut agar kehalusan dari kain sutera tetap terjaga baik,
Jemurlah busana ini dengan mengangin-anginkannya,
Pastikan setrika anda memiliki derajat panas yang pas, jangan terlalu panas atau dingin.

Demikian adalah cara penanganan kain sutera yang perlu anda perhatikan dengan seksama. Berilah penanganan khusus dalam jenis pakaian ini.

Merawat pakaian fashion dengan jenis kain katun

Jenis kain yang satu ini adalah yang paling mudah dalam penangannnya. Hal tersebut karena, anda tak perlu repot-repot memperlakukan busana ini dengan penanganan khusus. Tetapi, berbeda jika busana dengan kain katun yang anda miliki sudah pudar. Berikut adalah cara yang benar dari perawatan kain katun, antara lain:

Selalu usahakan untuk menggunakan air dingin,
Hindari untuk merendamnya terlalu lama karena bisa merusak bahannya, baik merendam dengan air saja atau deterjen,
Jangan menjemur kain katun di panas matahari secara langsung,
Sebaiknya jemur busana ini di tempat yang teduh namun masih mendapat sedikit sinar matahari,
Untuk menyimpannya, jangan melipatnya, lebih baik menggantungnya karena jenis kain katun mudah sekali kusut.

Bahan katun sering dijadikan berbagai jenis pakaian. Apalagi untuk daerah dengan cuaca tropis seperti Indonesia. Pasalnya, bahan yang satu ini mudah sekali menyerap keringat, teksturnya juga lembut dan halus. Seringkali ditemukan pada toko-toko dalam komposisi bahan katun 100% harganya lebih mahal jika dibanding dengan bahan katun 30%. Hal tersebut karena katun 30% tersebut biasanya dicampur bahan lain seperti polyester. Sedangakan untuk katun 100% berarti murni katun.

Merawat busana yang berbahan rayon spandex

Rayon atau seringkali disebut sebagai bahan linen mampu untuk menyerap keringat serta terasa dingin di kulit. Selain itu, bahan rayon lebih lembut jika dibanding dengan kain katun yang mudah kusut. Dengan mengkombinasikan antara spandex dan rayon akan memberikan jenis kain yang dingin, lembut serta lebih elastis sehingga pas dipakai di badan. Dalam perawatannya, anda perlu memperhatikan hal berikut:

Pisahkan terlebih dahulu dengan pakaian yang kasar, karena bisa merusak tekstur lembut dari bahan spandex dan rayon,
Pisahkan pula antara baju yang berwarna muda dengan yang polos,
Rendam cucian secukupnya saja, kira-kira 20 menit,
Hindari mencuci dengan suhu 60 derajat celcius, karena bisa membuat kain cepat rusak,
Jangan menyikat atau memeraskanya dengan kuat,
Sebaiknya gunakan tangan daripada mesin cuci,
Setrika dengan suhu medium agar bahan tetap terjaga bagus,
Jangan menjemurnya di bawah matahari secara langsung,
Hindari untuk menggantunganya karena akan membuat baju lebih melar.

Cuaca iklim Indonesia cocok untuk kain jenis rayon spandex ini. Sesuai pula digunakan untuk ibu hamil atau bagi ibu yang baru melahirkan. Hal tersebut karena kain yang elastis serta nyaman dikenakan.

Merawat busana yang berbahan dasar denim

Denim adalah kain yang bisa dikenakan berkali-kali karena tidak mudah kotor. Biasanya digunakan untuk jenis busana jeans. Berikut adalah beberapa cara perawatan yang tepat:

Jangan mencucinya terlalu sering, karena akan membuat warna pudar,
Gunakan air dingin dan jemurlah dengan cara biasa,
Pakaian jenis ini memang terasa kaku, namun bisa awet dan tahan lama.

Berbeda dengan denim dibuat untuk pakaian jenis jegging atau jeans legging. Busana ini memiliki kandungan dengan spandex pula.

Semoga dapat membantu dalam perawatan busana muslimnya.

(Busana Muslim Bukittinggi)

Pencarian dari Google:

Bagikan informasi tentang Tips Merawat Busana Muslim Anda kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Merawat Busana Muslim Anda | Toko Online Ecer dan Grosir Busana Muslim Terbaru

Komentar dinonaktifkan: Tips Merawat Busana Muslim Anda

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
*Harga Hubungi CS
Habis / GMS14030
STOK HABIS
*Harga Hubungi CS
Habis / GMS14027
STOK HABIS
*Harga Hubungi CS
Habis / MKN14020
SIDEBAR